Senin, 06 Februari 2012

Under The Sakura Blowing Part 1


1
Perang musim panas Osaka mengakibatkan pertumpahan darah yang dasyat . penerus keluarga toyotomi dan ibunya ikut tewas di perang tersebut . perang itu sebenarnya sudah direncanakan sejak lama oleh Tokugawa Ieyasu demi menjatuhkan keluarga Toyotomi .
Salah seorang pelayan berhasil menyelamatkan 2 anak kembar dari keluarga toyotomi . pelayan tersebut menyembunyikan anak kembar itu di rumahnya bersama dengan putrinya di Matsuyama .
Pelayan tersebut adalah pelayan Tokugawa Ieyasu yang bernama motame kazumi . kazumi adalah keponakan jauh dari Ieyasu . semenjak berada di istana , dia menitipkan anaknya di rumah ibunya di Matsuyama . dan ketika perang dimulai , kazumi berhasil menyelamatkan anak kembar yang tersesat di medan perang .
“ gadis dan pria kecil yang malang . dirimu sampai harus tersesat dibalik ganasnya perang ini “ pikirnya .
Semenjak berada di rumah neneknya , ito , anak semata wayang kazumi selalu menjaga anak kembar itu . anak kembar itu adalah Toyotomi kayamaru dan kayamura . mereka berteman baik di gubuk kecil itu selama bertahun-tahun . hari demi hari , mereka terus bersembunyi dari orang-orang yang memiliki hubungan dengan keluarga Toyotomi dan Tokugawa . dan tak lama setelah mereka tinggal bersama . tersiar kabar bahwa tidak ada satupun yang memiliki marga Toyotomi di Osaka . itu membuat kayamaru dan kayamura semakin menutupi identitas mereka .
Kayamaru dan kayamura adalah anak dari pengawal no.1 Toyotomi Hideyori . ayah mereka sangat terkenal sebagai samurai yang berhati dingin dan mematikan . dia pun sangat jujur . itu yang membuat Hideyori bahkan mengambil anak pengawal setianya itu ke istana agar mendapatkan penghidupan yang layak sebagai bangsawan . tapi , hanya beberapa hari berada di Osaka , keduanya terlibat dalam perang yang ganas itu .
Ketika umur mereka menginjak 14 tahun , mereka memutuskan untuk bekerja di dalam istana kaisar .  mereka mendengar bahwa ada pemilihan pengawal dan pelayan istana yang baru untuk menggantikan 11 pelayan dan 2 pengawal yang menghilang beberapa minggu yang lalu . mereka bertiga tidak ingin kehilangan kesempatan itu . selama perjalanan menuju ibukota , mereka menginap di berbagai penginapan dengan berbekal sedikit uang .
“ uang kita sisa sedikit , kita harus menghemat “ saran kayamura . kayamaru dan ito hanya tertawa menanggapinya .
“ kau ini seperti perempuan saja “
“ tapi .. phu~ ada benarnya juga “
“ itulah adikku ! jadi , kita beli bekal yang diperlukan . dengan penghematan keseluruhan ini , kita dapat menginap di 2 tempat dan makanan yang cukup dalam 2 hari pula “
“ dua hari ? “
“ ya “
Mereka benar-benar bimbang . sekalipun mereka menggunakan nama keluarga sebagai jaminan , mereka tetap saja rakyat biasa .
Ketika mereka asyik membahas tentang uang yang sangat tidak mencukupi , ada pegawal tuan tanah yang menabrak kayamaru hingga terjatuh . sang kakak yang tidak terima adiknya ditabrak oleh tandu asing pun memarahi pengawal itu . mendengar terjadinya kericuhan , orang yang berada di dalam tandu pun keluar .
“ apa yang terjadi disini ? “
Kayamura dan ito kaget ,
“ pengawal anda telah menabrak adik saya ! “ protes kayamura .
“ adik anda telah menghalangi jalan ! “
Kayamaru yang tergolek lemas di jalan pun sadar dan mendorong pengawal itu sambil berkata ,
“ jalan ini adalah milik seluruh umat manusia . jadi , anda tidak berhak untuk mengambil hak kami untuk memakai jalan ini sebagai manusia yang terhormat . jika anda masih tidak dapat berbagi , anda lebih baik tidak perlu menjadi pengawal istana yang seharusnya terhormat dan patut akan hukum ! atau anda hanyalah pengawal yang hanya suka berleha-leha distas penderitaan orang lain ? apakah anda tidak pernah diajari seumur hidupmu untuk menghargai orang lain ? “ tegas kayamaru membuat bangsawan yang ditandu pengawal itu tercengang . sangat tidak masuk akal gadis yang masih berusia 14 tahun berbicara sedewasa itu . sekalipun perkataannya cukup kurang ajar .
“ siapa anda , gadis kecil ? “ Tanya tokugawa hochizuke , orang yang ditandu .
Kayamaru merasa curiga. karena ada pria berjanggut seram yang menanyakan siapa dirinya ,
“ hamba Toyotomi Kayamaru . dan yang laki-laki itu kakak hamba , Kayamura dan yang berkimono putih itu teman saya , ito. “
Hochizuke dan pengawalnya sangat kaget . sepasang anak kembar yang masih memiliki darah dari keluarga Toyotomi yang seharusnya sudah musnah akan keganasan perang musim panas Osaka . matnaya tak dapat berkedip melihat anak kecil itu .
“ saya sangat menyesal akan perbuatan anak buahku . jadi , apakah anda ingin ikut dengan saya ? ada yang ingin saya tanyakan pada kalian “
Ketiga remaja itu saling pandang
“ tidak masalah jika itu kemauan tuan tanah “
“ baguslah . jadi , masuklah ke tandu bersamaku “
Mereka pun dengan canggung memasuki tandu itu . ditengah perjalanan pun mereka sering bercanda tawa dan sedikit berbincang mengenai politik yang mulai berubah sejak perang musim panas Osaka dahulu . hochizuke tak dapat berhenti memandangi kayamaru yang terus berceloteh tentang politik membuatnya tercengang . gadis yang terbilang muda sudah berpendidikan layaknya para menteri . sebuah keajaiban yang sangat langka !
Sesampainya di rumah besar tuan tanah , kayamaru dan kayamura bersikap biasa saja . hanya saja ito yang terus memandangi rumah yang terbilang seperti rumah bangsawan yang sangat kaya . hochizuke langsung mengajak mereka bertiga ke ruang tengah untuk berbincang .
“ begini , nona dan tuan toyotomi , apakah sejak perang yang terjadi beberapa tahun yang lalu , anda melihat wajah pembunuh tuan hideyori ? “
Kayamaru dan kayamura menggeleng-geleng . hochizuke mengiyakan .
“ tuan hochizuke , saya kira perang ini sudah direncanakan oleh tuan ieyasu . karena persiapan yang sebesar dan sedasyat itu pasti memerlukan kesiapan dan kemampuan yang memakan waktu yang cukup lama. Dan ini pasti tentang perebutan kekuasaan yang direncanakan atau yang berkemungkinan kecil hanyalah … “
“ perebutan benteng ? “
“ ya . tapi itu berkemungkinan kecil untuk dibuktikan kebenarannya “
“ tapi bagaimana kalian bisa selamat ? “
“ kami tersesat di dalam kakus . lalu ada dayang yang tiba-tiba datang menolong kami ditengah perang yang besar itu . dan dayang itu merawat kami bersama anaknya yang ada disebelahku ini “
“ jadi , apa tujuanmu kesini ? jika ada bangsawan yang bekerja dibalik perang itu mendengar nama asli kalian , kalian akan dibunuh ! sangat berbahaya untuk orang penting seperti kalian “
“ tenang saja , ayahku hanya menteri yang bertugas di bagian kearsipan . jadi nyawa kami takkan terancam bahaya karena kami hanya anak dari bangsawan rendah “
“ tapi tetap saja kau berdarah keluarga toyotomi ! bahkan jika kau tahu , keluarga toyotomi yang tersisa sudah musnah ! kau akan ikut musnah jika berada di ibukota seperti ini ! “
“ kami memiliki tujuan pasti “
“ apa tujuan kalian ? “
“ kami hendak mengikuti seleksi pelayan istana “
“ jika kami dapat melalui seleksi ini , maka kami …. “
“ baiklah , tapi kuberitahu kalian satu hal , kalian harus hati-hati dengan suruhan tuan ieyasu “
“ baik , tuan . kebaikan anda akan selalu kami kenang “
“ aku akan menyuruh salah seorang anak buahku untuk mengentar kalian dengan selamat . aku kasihan pada kalian . kalian masih memiliki masa depan ! “
Ito tersenyum bersamaan dengan kayamaru dak kakak laki-lakinya , kayamura . tanpa basa-basi lagi , tuan tanah itu mempersiapkan kebutuhan mereka .
Sebenarnya , kayamaru dan kayamura ingin mengatakan bahwa mereka anak angkat Hideyori dan anak kandung pengawal hideyori yang terkenal . akan tetapi , sebaik apapun tuan tanah itu , mereka tak dapat mempercayakannya . mereke terus menjadikan identitas mereka suatu teka-teki .
Kereta sapi pun mulai berjalan . mereka bertiga melambai-lambaikan tangan bertanda “ terima kasih , sampai jumpa “ pada tuan tanah itu . ketika mereka bertiga menjauh , tuan tanah mendekati pengawal pribadinya .
“ rahasiakan kedatangan anak-anak itu dari siapapun , katakan itu pula pada yang lainnya . kalau perlu , bunuh siapapun yang terlibat . kecuali orang-orang dari benteng ini . kita tak dapapt mempercayai orang luar mulai saat ini “
Pengawal itu hanya terdiam .
***
Istana kaisar sangat luar biasa megah . mata ito bahkan sampai tak berkedip sekalipun melihatnya . kayamaru dan kayamura hanya memandanginya aneh dan masuk ke dalam .
Keduanya penasaran . apakah ada suruhan Ieyasu disini ? apakah ada mata-mata dari keluarga yang terlibat dalam perang itu disini ? keduanya terus mengkhawatirkan diri masing-masing . ketakutanlah yang terus menyelimuti mereka . bukan kebahagiaan . sekalipun tujuan mereka berada ditempat dimana mereka berpijak sekarang adalah segala-galanya bagi mereka .
Kayamaru pun berkeliling mengitari tempat pemilihan , kantor menteri , dan kantor perdana menteri . itu adalah ide kayamura . sebelum memutuskan untuk ikut pemilihan atau tidak , mereka mulai berjaga-jaga dan mengawasi siapa saja yang pernah mereka lihat diperang musim panas Osaka berberapa tahun yang lalu .
Sesampainya di kantor perdana menteri , kayamaru dikejutkan oleh seorang pria yang diam-diam mengawasinya dari tadi . pria it uterus mendekat dan mendekat membuat kayamru kehiilangan kontrolnya dan melempari sejuta kata-kata ejekan yang sangat panjang dan penuh makna . kata-kata yang sulit dicerna dengan cepat membuat pria itu ketakutan . nafasnya terengah-engah . kakinya layu . keringat mulai bertumpahan . “ akankah aku berakhir seperti ini ? “ pikirnya .
Kayamaru mengambil pedang kecil yang disimpan dibalik kimononya dan mundur selangkah dari tempat dia berdiri . “ siapa kau ? “ tanyanya .
Pria itu justru semakin mendekat dan mendekat . kayamaru dibuatnya kesal . kayamaru pun berusaha menusuk tangan pria itu tapi gagal karena ditangkis dengan mudahnya , “ pasti orang ini bukan orang sembarangan “ pikirnya . dia pun berbalik , memperlihatkan wajahnya dari kegelapan . pria itu menampakkan wajahnya .
“ kau , apakah kau suruhan orang-orang sampah atau kau ini pembunuh bayaran pemula ? masa’ menusuk saja tidak bisa ? siapa namamu ? “
Orang itu pun memulai percakapan . mata kayamaru terus berkedip . diusapnya mata sipitnya demi memastikan itu bukanlah mimpi . pria itu mendekati kayamaru dengan senyuman . dan diletakkannya selembar sapu tangan ke tangan kayamaru .
“ wajahmu berkeringat . walaupun aku tidak tahu apa tujuanmu berada disini , tapi nanti aku pasti tahu “
Kayamaru menggenggam erat sapu tangan itu . matanya menyala nyala ,
“ apakah kau polisi ? “
“ apakah kau akan melaporkanku ? “
“ apakah rakyat biasa tidak berharga dimata para bangsawan sepertimu ? “
“ apakah kau orang kurang ajar yang selalu berkata seperti itu pada orang biasa ? “
Pria itu terdiam . pertanyaan kayamaru terlalu banyak untuk dijawab . dia hanya melemparkan senyuman dan menjawab hanya dengan 1 kata  , “  maaf “ dan dia pun berlalu .
Kayamaru terdiam . baru kali ini ada pria yang mau tersenyum padanya setulus itu selain kakaknya . jantungnya berdebar-debar . wajahnya memerah . tangannya bergetar dengan hebat . matanya pun berbinar-binar . setelah lama seperti itu , kayamaru baru menyadari bahwa pemiilihan pelayan dan pengawal istana sudah dimulai . dengan tergesa-gesa dia berlari menuju taman utama istana .
Pemilihan pun dimulai , para bangsawan termasuk kaisar , penasehat , dan menteri-menterinya duduk di singgasana masing-masing . ada yang duduk di atas karpet , di tempat duduk khusus , ada yang berdiri , dsb .
Kayamaru dikejutkan oleh sesosok yang dikenalinya . pikirannya hambar . tidak disangka-sangka pria yang ditemuinya itu ternyata Perdana menteri termuda ,  Tokugawa Ichijou . putra dari keluarga Tokugawa . keluarga yang terlibat dalam perang musim panas Osaka . dirinya terus menahan rasa dendam atas kehilangannya yang sangat mendalam dan kebenciannya terhadap orang-orang bermarga Tokugawa itu . matanya mulai tajam . berbeda dengan sebelumnya . dan dari kejauhan , ichijou ( pria mencurigakan yang mengerjai kayamaru ) membisikkan sesuatu pada kaisar . membuat kayamaru berdebar . dia takut pria mencurugakan itu mengatakan bahwa dia adalah penyusup .

Tidak ada komentar:

Posting Komentar